Penguatan Pembelajaran Mendalam SMK PK 2025 Penyusunan Materi Uji Kompetensi & Pendampingan Penyusunan Modul dan Media Pembelajaran

Penguatan Pembelajaran Mendalam SMK PK 2025 Penyusunan Materi Uji Kompetensi & Pendampingan Penyusunan Modul dan Media Pembelajaran

2025-11-19

Penguatan Pembelajaran Mendalam SMK PK 2025

Penyusunan Materi Uji Kompetensi & Pendampingan Penyusunan Modul dan Media Pembelajaran


Sebagai langkah nyata dalam meningkatkan mutu pendidikan vokasi, SMK Negeri 1 Salatiga melaksanakan rangkaian kegiatan Bantuan Pemerintah SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) Skema Penguatan Pembelajaran Mendalam Tahun 2025. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan guru mata pelajaran umum dan kejuruan sebagai upaya menyelaraskan pembelajaran dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri.

Pada Rabu, 12 November 2025 hari pertama, dilaksanakan kegiatan Penyusunan dan Pembaharuan Materi Uji Kompetensi dengan menghadirkan narasumber Bapak Agus Subagyo, AT., M.M. Beliau memberikan pemahaman mendalam mengenai penyusunan asesmen berbasis kompetensi yang menilai aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja secara menyeluruh.

Materi yang disampaikan mencakup penyelarasan Uji Kompetensi dengan Capaian Pembelajan, penyusunan soal berbasis performance test, pembuatan rubrik penilaian yang objektif dan terukur, serta pembaharuan instrumen asesmen agar sesuai perkembangan industri. Suasana pembelajaran berlangsung interaktif melalui sharing session dan diskusi, sehingga peserta dapat bertukar praktik baik yang selama ini telah diterapkan di kelas.

Rangkaian kegiatan berlanjut pada Kamis, 13 November 2025, dengan sesi Pendampingan Penyusunan Modul dan Media Pembelajaran. Pada kesempatan ini, para peserta didampingi oleh narasumber dari Tim Kecantikan BBPPMPV Bispar yang memiliki kompetensi dalam pengembangan pembelajaran vokasi berbasis industri perhotelan, pariwisata, dan kecantikan.

Pendampingan difokuskan pada penyusunan modul pembelajaran berbasis project dan work-based learning, ntegrasi media pembelajaran yang menarik dan variatif serta pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Melalui kegiatan ini, guru diarahkan untuk menghasilkan modul dan media pembelajaran yang mampu mendorong siswa berpikir kritis, kreatif, serta siap menghadapi perkembangan industri yang dinamis.

Dengan terselenggaranya rangkaian kegiatan tersebut, diharapkan guru semakin kompeten dalam menciptakan pembelajaran mendalam yang berorientasi pada capaian kompetensi nyata. Peran aktif seluruh peserta menjadi bekal penting dalam mencetak lulusan SMK yang unggul, profesional, dan siap bersaing di dunia kerja.